Home » » Tiga Kelurahan Bebas BABS

Tiga Kelurahan Bebas BABS

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2017-02-27 | 11.42.00

JAMBI - FH&H,

WARGA Kota Jambi semakin menyadari pentingnya hidup bersih dan sehat.  Diantaranya dibuktikan oleh penduduk di tiga kelurahan di Kota ini. Sekarang mereka tidak lagi melakukan buang air besar di sembarang tempat (BABS).

Hebatnya,  warga yang tidak BABS dimaksud. Semuanya berdiam di wilayah Seberang Kota Jambi (Sekoja). Meliputi: Kelurahan Jelmu, Kampung Tengah dan Keluarahan Pasar Seberang Kota  Jambi.  Padahal semua tahu, selama ini warga sekoja punya kebiasaan mandi di jamban yang ada di danau atau di Sungai Batanghari. Sebuah kesadaran dan perilaku yang pantas dicontoh, agaknya.

Warga Sekoja tidak lagi BABS, dibeber Walikota Syarif Fasha pada acara pencanangan Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) tingkat Provinsi Jambi. Dipusatkan di lapangan Pertamina Kenali Asam Atas, Selasa (15/11).

“Dari 62 kelurahan di Kota Jambi-ada 3 wilayah yang sudah 100% bebas dari BABS” ungkap Walikota Fasha.  “Kota Jambi sudah 93% BABS. Pemko terus berupaya meningkatkannya hingga 100%”, lanjutnya.

GERMAS tingkat Provinsi Jambi dicanangkan di Kota Jambi oleh Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA. Yang pada kesempatan mengatakan. Germas merupakan gerakan nasional. Inti dari kegiatannya, adalah pola hidup, yakni pola hidup sehat oleh masyarakat. Serta untuk menghindari penyakit.

Pola hidup sehat diantaranya cuci tangan sebelum makan. Makan sayur dan buah-buahan, olah raga, tidur yang cukup, menjaga kebersihan rumah dan pekarangan.

Khusus untuk para perokok, Gubernur Zola menghimbau, supaya tidak merokok di sembarang tempat. “Merokok hak masing masing. Saya tidak melarang. Tapi, tolong saat merokok jangan dekat-dekat dengan anak kecil," ujar Zola.

Melalui Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Gubernur menghimbau seluruh masyarakat melaksanakan pola hidup sehat. “Kesehatan itu sangat berharga dan mahal," sebutnya memberitahu.

Pemprov Jambi, sebut gubernur lebih lanjut. Senantiasa berusaha meningkatkan akses air minum dan sanitasi bagi masyarakat. Zola mengapresiasi Pemerintah Pusat yang memilih Provinsi Jambi sebagai salah satu daerah tempat dilaksanakannya pencanangan Germas.

Gubernur Zola juga mengapresiasi Gerakan Gemar Makan Ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.- (Marpaung)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham