Home » , , » SIDANG DAKWAAN, KADIS UMKM TANGSEL, TERSANDUNG PIDANA

SIDANG DAKWAAN, KADIS UMKM TANGSEL, TERSANDUNG PIDANA

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2017-04-25 | 20.55.00


Kadis UMKM Tangsel, Firdaus saat sidang Dakwaan di Pengadilan Negeri Tangerang (Foto Jesman)


Tangerang - Fakta Hukum dan HAM online, 

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tangerang Selatan Firdaus tersandung kasus pidana. Ia terbukti melanggar UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya lantaran memelihara sejumlah hewan dilindungi.

Sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Sun Basana Hutagalung diruang sidang 7 (tujuh) dinyatakan terbuka untuk umum. Dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Mila, S.H. bahwa terdakwa bermula sejak tahun 2008 lalu terdakwa mendapatkan burung burung yang dilindungi dengan cara membeli dari orang tak dikenal yang datang menawarkan.

Pada Senin (10/04/2017) tim gabungan dari Mabes Polri melakukan penggeledahan di rumah terdakwa Firdaus dibilangan BSD Tangsel, petugas mengamankan barang bukti satwa yang dilindungi berupa burung kakak tua, cendrawasih, jalak bali, serta jenis lainnya yang berhasil diamankan oleh petugas Mabes Polri sebanyak 52 jenis burung yang dilindungi.

Jaksa Mila dalam Dakwaannya menuturkan, 1 ekor jalak bali dibeli terdakwa seharga 800 ribu, sepasang burung Kakak tua jambul seharga 500 sampai 4 juta rupiah. Jalak raja 1 ekor dengan harga 4 sampai 5 ratus ribu rupiah. 
Burung Cendrawasih ekor seharga 4 sampai 5 juta rupiah, yang semuanya dimiliki terdakwa Firdaus dipelihara tanda Izin ujar Jaksa dalam ruang sidang. 

Atas dakwaan Jaksa tersebut, terdakwa menyatakan tidak keberatan dan mengakuinya. Dan Penasihat Hukum terdakwa, Ahmad Fthoni juga tidak mengajukan Esepsi atas dakwaan yang ditujukan Jaksa kepada Kliennya.  

Namun Penasehat Hukum terdakwa mengajukan permohonan penangguhan penahanan Kepada Majelis Hakim, dengan alasan terdakwa baru dua bulan menjabat sebagai Kepala Dinas, dan terdakwa masih dibutuhkan dalam melanjutkan tugas di Dinas UMKM Tangsel ujar Ahmad dalam ruang sidang.

Hakim menunda sidang pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi. (JES)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham