Home » , , » SELUNDUPKAN BABY LOBSTER, TUNTUT TIGA TAHUN PENJARA

SELUNDUPKAN BABY LOBSTER, TUNTUT TIGA TAHUN PENJARA

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2017-10-26 | 13.25.00



Tangerang - FH&H online, 

Sidang tuntutan atas terdakwa David Tan alias Chen Chun Ming (42)  rabu 25/10/2017 warga Negara Taiwan ini sebelumnya didakwa melanggar undang undang no 16 tahun 1992 tentang karantina hewan dan tumbuhan.
Terdakwa mencoba menyelundupkan binatang hewan (baby lobster) yang dilindungi dari Indonesia menuju Taiwan dengan cara dimasukkan kedalam koper sebanyak 20 koper yang sudah di isi dengan oksigen.



Jaksa Penuntut Umum Agus Kurniawan  dari Kejari Kota Tangerang menjatuhkan tuntutan 3 tahun penjara  dan denda 150 juta rupiah subsidair 3 bulan kurungan.
Dalam susunan tuntutan Jaksa, terdakwa telah terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana secara bersama sama dengan sengaja melawan hukum dengan cara  membawa atau menyelundupkan hewan atau binatang jenis (udang)  baby lobster tanpa di lengkapi dokumen yang sah.



Terdakwa melanggar Undang Undang kesehatan pasal 31 ayat (1) jo pasal 7 ayat (1) undang undang no 16 tahun 1992 tentang karantina hewan ikan dan tumbuhan jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.



Mendengar tuntutan 3 tahun, terdakwa memohon kepada Ketua Majelis Hakim Syamsudin, terdakwa minta keringanan hukuman dengan alasan masih memiliki anak dan istri yang butuh biaya. 
Chen Chun Ming.



Kuasa hukum terdakwa John Hendri, SH menyatakan kliennya bukanlah terlibat langsung sebagai pelaku penyelundup, melainkan suruhan oleh seseorang yang bernama Cho Sen Chu, orang inilah yang menyuruh terdakwa klien saya untuk membawa 20 koper berisi baby lopster dari Indonesia menuju Taiwan ujar John. (JES)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham