Home » , , » SEGERA PERIKSA!!! DUGAAN ADANYA TINDAK PIDANA KORUPSI TERJADI PADA PEKERJAAN PELAKSANAAN PRESERVASI/KONTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN WILAYAH III TAHUN 2017

SEGERA PERIKSA!!! DUGAAN ADANYA TINDAK PIDANA KORUPSI TERJADI PADA PEKERJAAN PELAKSANAAN PRESERVASI/KONTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN WILAYAH III TAHUN 2017

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2018-04-04 | 18.51.00


Kalteng - FH&H,
Palangkaraya - Mencuatnya isu daerah di Kalangan Masyarakat, Aktifis dan Jurnalis di daerah Rabu (4/4/2018), bahwa di duga terjadi Tindak pidana korupsi pada  Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah III Provinsi Kalimantan Tengah pada Tahun Anggaran  2017  pada pekerjaan Preservasi/Kontruksi Jalan dan Pemeliharaan Rutin Jembatan Bukit Batu Lungkuh Layang - Kalahien Preservasi/Kontruksi Jalan dan Pemeliharaan Rutin Jembatan Kalahien-Buntok-Ampah, dengan Nilai Kontrak : Rp. 21.336.005.000,-. 

Terdiri dari Kontruksi Jalan: Rp.15.970.666.000,- Rutin Kondisi Jalan: Rp. 3.262.948.000,- Rutin Jembatan: Rp. 2.102.391.000,- Konraktor Pelaksana  "PT.MELINDO BHAKTI PERSADA TAMA‘’ Kontrak Tanggal 26 Januari 2017 Dengan Nilai Kontrak : Rp.28.749.997.000,- Terdiri dari Rekontruksi Jalan :Rp.24.019.297.000,-Rutin Jalan : Rp.1.205.832.000,-Rutin Kondisi Jalan :Rp.2.309.678,000-Rutin Jembatan :Rp.1.215.190.000- Konraktur Pelaksana  PT. MELINDO BHAKTI PERSADA TAMA ‘’ Kontrak Tanggal 23 Maret 2017.

Berdasarkan yang dihimpun dari peliputan Majalah Fakta Hukum & HAM di lapangan, banyak kegiatan kegiatan yang diduga tidak dilaksanakan yang sebagai mana mestinya bahkan diduga adanya terjadi kong kanglingkong antara satker wilayah III yanh diduga memiliki hubungan keluarga dengan Pelaksana kontraktor, selaku pemenang tender. 

Yang lebih parah lagi bahwa Gegiatan Pemeliharaan 5 % Tahun Anggaran  2017 diduga tidak dilaksanakan dan di Tahun Anggaran 2018 telah dianggarkan kembali untuk dilaksanakan pekerjaan dengan ruas yang sama Kalahien-Ampah.

27 Maret 2018, tim FH&H Perwakilan Kalteng mendatangi Kantor Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah III  Provinsi Kalteng untuk meminta keterangan atas dugaan yang telah ditemukan di lapangan, dan kami diarahkan bertemu dengan PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Bapak Darmono. Sesuai dengan kesepakatan, klarifikasi akan dilanjutkan pada Selasa, 9 April 2018. 

Di hari yang telah ditentukan secara kenyataan mereka mengingkari janji untuk memberikan klarifikasi dengan alasan yang tidak jelas. Saat dihubungi melalui Handphone pun mereka terkesan takut untuk di mintai keterangan. Ada apakah ini? Karena jika dugaan tentang penyimpangan ini tidak benar seharusnya pihak terkait tidak perlu menghindar dari FH&H.

Saat kami berbincang di lapangan, salah satu tokoh kalimantan tengah, SURNADI menjelaskan bahwa kalau seperti ini pekerjaan kontraktor maka kami selaku warga masyarakat Kalimantan Tengah sangat dirugikan tuturnya.

Di tempat yang berbeda kami juga membincangi salah satu Aktifis Anti Korupsi, Lembaga Penyelidikan Pemantauan dan Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (LP3KRI) Koordinator Lapangan, HERMAN SUSILO, beliau menuturkan dari hasil akumulasi Pekerjaan yang tidak dilaksanakan serta adanya dugaan penyimpangan dalam pelaksana pekerjaan tersebut  di dapat dugaan angka deviasi kerugian keuangan Negara dari nilai kontrak yang ada, selebihnya mungkin masih ada pekerjaan yang patut diduga sebagai tindakan melanggar aturan atau diduga sengaja dimanipulasi oleh pihak pelaksana proyek, baik pihak perusahaan sebagai pelaksana pekerjaan dan juga pihak pejabat yang berwenang untuk meningkatkan keuntungan dengan Praktik Korupsi dan Gratifikasi, jelasnya mengakhiri Perbincangan dengan FH&H.

Kami akan terus menyelidiki dugaan tindak pidana korupsi ini. Bila ternyata Fakta di lapangan kuat tentunya kami akan membawa masalah ini ke ranah hukum dan melaporkannya ke Kejati. (FAT/GUN )



















Lapangan Ruas Jalan dan Jembatan Palangkaraya – Kalahien - Buntok - Ampah dan Lungkuh layang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham