Home » , , » TIPU SAUDARA, DILAPORKAN KE POLDA METRO JAYA

TIPU SAUDARA, DILAPORKAN KE POLDA METRO JAYA

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-03-09 | 23.09.00

Jakarta - FH&H Online,

Ironis memang nasib bersaudara ini, gara gara tidak mengembalikan uang yang pernah digunakan senilai 27 juta pada waktu tahun 2018 lalu jadi berbuntut kepihak berwajib.
Tjam Else (41) seorang istri pengusaha Galvanis dikawasan pergudangan Kampung belakang Kalideres ini dilaporkan oleh adik iparnya ke Polda Metro Jaya.
Selasa 5/3/2019 Fenny Sa'diyah (37) didampingi penasehat hukumnya Halim Darmawan, SH, MH, CLA melaporkan kakak iparnya Tjam Else ke Polda Metro Jaya dengan sangkaan penipuan, dengan laporan bernomor : TBL/1353/III/2019/PMJ/Dit. Reskrimum. 
Tjam Else diduga melanggar pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. 
Kejadian ini bermula pada saat tahun 2018 yang lalu, terlapor Tjam Else bersama suaminya Yosef Sugianto mendatangi Fenny nangis-nangis meminta bantuan modal dengan cara menyuruh mengajukan ke bank dengan memakai nama fenny. Berhubung korban Fenny masih ada hubungan saudara, dengan ikhlas membantu dan atas seijin suami dan ibunya.
Fenny mengatakan, adapun perjanjian pada saat itu, Tjam Else dan Yosef  akan mengembalikan uang tersebut dengan waktu yang tidak lama, dengan memberikan cek kontan salah satu bank.
Dengan berjalannya waktu, hingga akhir tahun 2018, cek kontan 3 lembar bernilai @ Rp. 9.000.000,- (sembilan juta rupiah) yang diberikan Tjam Else kepada korban Fenny hendak dicairkan. Namun pada Tanggal 7/11/2018 ketika Fenny kesalah satu bank yang tertulis dilembaran cek tersebut, niat untuk mencairkan dananya, namun ditolak oleh pihak bank. Pihak bank menyatakan, tertanggal 20/9/2018 rekening atas nama Tjam Else sudah tutup.Dengan bukti bukti dari pihak bank, bahwa benar cek kontan atas nama Tjam Else adalah kosong, dan nomor rekening atas nama Tjam Else sudah tutup. 
Korban Fenny akhirnya berkonsultasi dengan Pengacaranya sekaligus praktisi hukum Halim Darmawan, SH, MH, CLA. Menurut Halim Darmawan, niat tindak pidana penipuan sudah direncanakan oleh Tjam Else, dengan dia memberikan cek kontan yang ternyata nomor rekeningnya sudah tutup, niat (mensrea) pelaku sebelumnya sudah ada untuk menipu ujar Halim. (jes, hal, wan)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham