Home » , » DESA TANJUNG GUNUNG KABUPATEN BANGKA TENGAH BERBENAH MENUJU DESA MANDIRI

DESA TANJUNG GUNUNG KABUPATEN BANGKA TENGAH BERBENAH MENUJU DESA MANDIRI

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-08-14 | 22.51.00

Bangka Tengah - FH&H online,

Hamparan desa sepanjang luas wilayah 10 km dengan jumlah penduduk 4350 jiwa yang terdiri atas 1300 KK yang terbagi atas 3 dusun yaitu; Dusun Tanjung Gunung terdiri atas 6 (enam) RT, dusun tanjung udang  ada  4 (empat) RT dan dusun binjai 2 RT. Jumlah seluruhnya ada 12  RT di desa tanjung gunung, tutur Kades Muslim, S.Pdi (Senin, 12/8/2019).

Desa Tanjung Gunung sebelah barat berbatasan dengan desa air mesu. Sedangkan sebelah timur laut berbatasan dengan laut china selatan. Sebelah utara berbatasan dengan desa batu Belubang. Sebelah selatannya berbatasan dengan desa kayu besi. Muslim baru terpilih sebagai kades dan dipercaya oleh masyarakat Tanjung Gunung melayani masyarakat baru 8 bulan sebagai Kades, dan dilantik oleh Bupati Bangka Tengah, 5 Desember 2018 yang lalu.

Kades menjelaskan desa Tanjung Gunung mempunyai 2 (dua) pantai wisata yaitu Pantai Bebek Emas dan pantai Semujur yang banyak dikunjungi masyarakat Pangkal Pinang dan juga wisatawan dalam dan luar negeri. Mengawali tugasnya sebagai  Kades Tanjung Gunung, Muslim punya ide dan harapan serta keinginan kedepan untuk menjadikan desa Tanjung Gunung menjadi desa yang unik seperti kulinernya yang turun temurun yaitu makanan khas Tanjung Gunung namanya SANGKOLA (terbuat dari singkong / ubi  ketela). 

Menyiapkan kader desa untuk membentuk Pokdarwis (kelompok  sadar wisata). Selain itu juga mengemas desa Tanjung Gunung dengan kesenian khas desa  Tanjung Gunung dan menata desa yang kedepan siap untuk menyambut wisatawan dalam dan luar negeri. Sebab menurut Kades untuk menyiapkan SDM Desa setelah pasca timah ini.

Walaupun ini perlu kerja keras bersama masyarakat untuk menggali potensi desa kedepan pasca timah nanti. Salah satunya menyediakan home stay dan wisata alam sehingga masyarakat desa mendapat income dan lewat pariwisata yang dikemas dengan baik untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa. Masyarakat desa tanjung gunung ada yang menjadi petani, nelayan, penambang dan pekerja.

Desa Tanjung Gunung siap untuk bermitra dengan investor untuk membangun desa Tanjung Gunung ke depan, tutur Kades mengakhiri wawancara. (paulus)

 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham