Home » , » KADES KAYU BESI MELAKUKAN KEGIATAN PENANAMAN BIBIT MANGROVE UNTUK MENGATASI ABRASI DIKAWASAN PANTAI PANGKUL DESA KAYU BESI

KADES KAYU BESI MELAKUKAN KEGIATAN PENANAMAN BIBIT MANGROVE UNTUK MENGATASI ABRASI DIKAWASAN PANTAI PANGKUL DESA KAYU BESI

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-09-09 | 19.17.00

Bangka Tengah - FH&H online,

Jumat, 23 Agustus 2019 kawasan pantai wisata pantai Menung dan pantai pangkul dipenuhi oleh masyarakat desa kayu besi, pelajar SMP Negri 2 kecamatan namang, pemuka Vihara Budha Avialokaswara, perangkat desa, Bupati Bangka Tengah diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bapak Ali Imron, Pak Camat diwakili Sekcam, Kapolsek namang diwakili oleh Ibu ketua Bayangkari Polsek Namang beserta pengurus serta unsur  karang taruna serta LPM desa kayu besi.

Dalam sambutan nya diruang pertemuan di pantai menung desa kayu besi, Pak Kades mengucapkan terimakasih atas kehadiran unsur pimpinan pemerintahan bangka tengah,pelajar SMP Negri 2 namang serta semua yang hadir ikut ambil bagian dalam penanaman bibit mangrove hari ini.tutur kades. 

Penanaman bibit mangrove hari ini atas swadaya masyarakat yaitu sumbangan yang diberikan oleh vihara Avialokaswara yang menyumbangkan 1080 barang bibit mangrove untuk ditanam dipinggir pesisir pantai pangkul. Pak kades mengucapkan terimah kasih kepada Bhikkhu Nyana Viriya serta jajaran pengurus vihara Avialokaswara.


Melalui kegiatan penanaman bibit mangrove ditepi pesisir pantai ini bermanfaat untuk mengatasi  abrasi pantai, tutur Yohanes Tamaela.

Apabila bibit mangrove sudah tumbuh dan rimbun pohonnya, maka disitu akan menjadi rumah /sarang bagi kepiting untuk bertelur dan berkembang biak, sehingga kedepan bisa untuk menambah penghasilan bagi warga desa dipesisir pantai desa kayu besi. Jangka panjangnya untuk anak cucu kita kata Kades Yohanes.

Selain itu kegiatan ini juga memupuk rasa solidaritas dan gotong royong serta kesadaran akan pentingnya keseimbangan dengan alam serta melatih sumber daya manusia(SDM) yang berdaya saing dan melatih kepedulian kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup kita serta menjaga ekosistem laut,terutama untuk adik adik pelajar generasi milenial belajar untuk bersama sama mencintai alam kita ini untuk generasi anak cucu kita nanti, tutur Pak Kades.

Untuk perawatan selama 4 bulan kedepan pak kades akan mengangarkan Apbdes desa.kedepan pak kades akan menyiapkan 2000 bibit lagi untuk ditanam bibit mangrove dipantai. 

Secara bertahap dan berkesinambungan pak kades akan menyiapkan lebih banyak lagi bibit mangrove untuk ditanam.

Pokdarwis (kelompok sadar wisata) desa, LPM serta Karang Taruna dan warga desa akan diikut sertakan untuk bersama sama memelihara dan merawat bibit yang telah ditanam, semua ini untuk masa depan anak cucu kita, kata Pak Kades. 

Menurut Kadis lingkungan hidup (KLH) Bapak Ali Imron yang mewakili Bupati Kabupaten Bangka tengah mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan Pak Kades dalam kegiatan penanaman bibit mangrove di Pantai pangkul hari ini. Pemkab selalu mendukung kegiatan yang bermanfaat untuk warga desa dan tentunya pantai pangkul bisa menjadi salah satu destanasi wisata di kabupaten bangka tengah dan di Propinsi Bangka Belitung.

Penanaman mangrove ini untuk mengatasi Abrasi dan juga kedepan dengan adanya pohon mangrove tentu kepiting akan berkembang biak dan bisa menjadi tambahan pendapatan kehidupan bagi warga pesisir pantai pangkul.tutur pak Ali Imron.

Kegiatan penanaman bibit mangrove dipesisir pantai pangkul diakhiri dengan makan dan snack yang telah disediakan. (paulus)
 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham