Home » , » DULU BATU KIJANG DAN BUKIT LESUNG KINI DESA BUKIT KIJANG

DULU BATU KIJANG DAN BUKIT LESUNG KINI DESA BUKIT KIJANG

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-10-07 | 18.29.00

Bangka Tengah - FH&H online,
Desa bukit kijang yang berpenduduk 1150 jiwa yang terdiri atas 350 KK, terdiri atas 2 dusun yaitu Dusun Batu Kijang dan Dusun Bukit Lesung.

Dusun Batu Kijang terdiri dari 5 RT, sedangkan Dusun Bukit Lesung terdiri dari 3 RT dan mempunyai luas wilayah 813.188 hektar.

Desa bukit kijang secara administrasi berbatasan sebagai berikut sebelah utara berbatasan dengan desa kayu besi, sebelah selatan berbatasan dengan desa Cambai Selatan, sebelah barat berbatasan dengan Desa Baskara Bakti, sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Desa Air Mesu Timur.

Secara geografis desa Bukit Kijang berbentuk daratan tinggi dengan kondisi tanah bergelombang dan daerah perbukitan, kata Kades.

Menurut Kades Idryansyah dulu desa bukit kijang itu masuk dalam geografis desa cambai kecamatan Pangkalan Baru. Dengan adanya peraturan pemerintah nomor 72 tahun 2005 tentang desa, maka masyarakat dusun batu kijang (dusun I) dan dusun bukit lesung (dusun 2) membentuk presidium pembentukan desa.

Dengan kondisi geografis, topografis dan demografis masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan pemerintah yang lebih dekat lebih efektif dan lebih efisien, maka tahun 2006 dibentuklah panitia pemekaran desa dan atas dasar hasil rapat warga desa,maka diajukanlah permohonan pemekaran desa kepada pemerintahan Kab. Bangka Tengah.

Pada tanggal 2 Agustus 2007 Bukit Kijang resmi menjadi desa sesuai dengan peraturan daerah nomer 32 tahun 2006 tentang pembentukan desa baru hasil pemekaran desa di Kab. Bangka Tengah (4/10 -2019).


Menurut Kades, Desa Bukit Kijang kecamatan Namang Kab. Bangka Tengah lebih kurang 50 hektar merupakan lahan bekas tambang.

Oleh Kades dilakukan rehabilitasi dan reklamasi lahan yang dimanfaatkan sebagai lahan pertanian dan peternakan serta perikanan sebanyak 8 hektar.

Potensi ekonomi unggulan desa bukit kijang adalah pertanian dan peternakan. Masyarakat dusun batu kijang serta bukit lesung mata pencaharian warga di dua dusun tersebut adalah perkebunan.

Pak kades Idryansyah mengusahakan peternakan sapi bekerja sama dengan BTPT Propinsi bangka belitung,badan Litbang, KLH, pemkab Bangka Tengah melalui dinas pertanian, PT timah dengan Kapolda Babel dan Gapoktan "SEHAT" bukit kijang serta masyarakat desa.



Dibidang pertanian sudah dikembangkan penanaman bawang merah, pembibitan jamur, penanaman cabe serta peternakan sapi serta pemeliharaan ikan tawar, pengolahan pupuk organik kepengolahan depannya, serta pembuatan batako yang kesemuaannya dikelola oleh Bumdes. Di sepanjang jalan desa bukit kijang di pemukiman warga desa setiap rumah warga tersedia bak sampah, sehingga sanitasi dan kebersihan desa sangat terjaga. Demikian wawancara dengan awak media FH&H. (paulus)


 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham