Home » , » UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH UPBJJ -UT PANGKAL PINANG DENGAN GERAKAN BANGKA BELITUNG I RUMAH I SARJANA

UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH UPBJJ -UT PANGKAL PINANG DENGAN GERAKAN BANGKA BELITUNG I RUMAH I SARJANA

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-10-11 | 10.17.00

Pangkal Pinang - FH&H online,

Dijelaskan oleh direktur program belajar jarak jauh Universitas Terbuka (UPBJJ -UT) Pangkal Pinang Bapak Hasmonel, S.H., M.HUM bahwa unit pogram belajar jarak jauh universitas terbuka (UPBJJ -UT) Pangkal Pinang merupakan salah satu unit (kantor reprensentatif) dari universitas terbuka yang berpusat di Pondok Cabe, Tangerang Banten.

UPBJJ -UT Pangkal Pinang sebagai kantor perwakilan UT di propinsi Kep. Bangka Belitung didirikan pada tanggal 25 Januari 2003 berdasarkan surat keputusan rektor nomor 179/J31/KEP/2002.

Unit program belajar jarak jauh UPBJJ - UT Pangkal Pinang merupakan UPBJJ - UT ke 33 dari 39 UPBJJ - UT diseluruh Indonesia yang terbentuk sebagai pemekaran dari UPBJJ - UT Palembang.


Menurut Bapak Hasmonel misi universitas terbuka adalah sebagai berikut:
  • Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai pogram PTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.
  • Mengkaji dan mengembangkan sistem PTJJ untuk mendukung implementasi sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia dan memanfaatkan dan mendeseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.

Sedangkan visi UT menjadikan perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) berkualitas dunia, tutur pak  Hasmonel.
Dikatakan Hasmonel universitas terbuka sebagai institusi yang mendistribusikan ilmu pengetahuan dengan jarak jauh. Pak Hasmonel mulai bertugas sebagai kepala UPBJJ - UT pada Maret 2018 tahun lalu.

Awal terbentuknya UPBJJ - UT pangkal pinang didasari oleh kepentingan daerah untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di propinsi Kep Bangka Belitung. Sebelum pak Hasmonel pada periode pertama kepala UPBJJ - UT pertama Drs Sofjan Arifin MSi periode 2003 - 2007, kemudian dilanjutkan Maman Rumanta MSi periode 2007 - 2011, lalu Drs Syarif Fadillah, MSi periode 2012 - 2016, selanjutnya Adrian Sutawijaya, SE, MSi periode 2016 - 2018 dan Hasmonel, S.H., M. HUM periode 2018 - sekarang.

Menurut pak Hasmonel angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi universitas terbuka(UT) mengharapkan dukungan masyarakat, stake holder serta semua elemen untuk bersama sama bersinergi untuk mencapai cita cita Bangka Belitung 1 rumah 1 sarjana.

Diakhir Agustus s/d awal September yang lalu UT Pangkal Pinang menjadi juara umum pada even perlombaan diskusi ilmiah pekan olahraga dan seni tahun 2019 di jakarta dan mendapat piagam penghargaan dari Gubernur Kep. Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Tahun 2010 UPBJJ - UT Pangkal Pinang menempati kantor baru yang beralamatkan dijalan pulau Bangka, komplek perkantoran Gubernur Bangka Belitung dengan luas tanah 4500 M² dan bangunan 4380 M². Pemerintahan propinsi kep bangka belitung memberikan perhatian yang luar biasa terhadap UT.

Dikatakan pak Hasmonel mahasiswa yang ada di Universitas terbuka (UT) Pangkal Pinang di propinsi Bangka Belitung berjumlah 8999 mahasiswa. Sedangkan di luar negri tersebar di 35 negara mahasiswa UT berjumlah 7000 mahasiswa, tutur Hasmonel.

Pada tanggal 2 November 2019 yang akan datang diadakan seminar wisuda di Hotel Soll Marina kecamatan Pangkalan Baru dengan undangan sekitar 600 mahasiswa dengan pembicara Ketua Ombudsman RI Prof Amzulian Rifai, SH, LLM, PHD.

Demikian wawancara awak media dengan kepala unit pogram belajar jarak jauh universitas terbuka (UPBJJ - UT) Bapak Hasmonel, S.H., M.HUM di kantor UPBJJ - UT komplek perkantoran pemerintahan propinsi Bangka Belitung. (paulus)

 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham