Home » , » DESA BUKIT LAYANG KEC. BAKAM KAB. BANGKA

DESA BUKIT LAYANG KEC. BAKAM KAB. BANGKA

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-11-09 | 08.09.00

Sungailiat - FH&H online,

Slogan yang membangkitkan spirit dari Desa Bukit Layang Kec. Bakam Kab. Bangka.  “Bersama Kita Bisa Bangun Desa, Lebih Baik, Lebih Maju, Lebih Sejahtera”.

Bukit Layang letaknya di Kec. Bakam Kab. Bangka, kalau dari kota Pangkalpinang + 60 Km perjalanan, kurang lebih 1 jam, kalau dari Kota Sungailiat + 17 Km ditempuh 20 Menit. Awak media FH&H pergi melalui jalan Dusun Kudai melalui satu desa, yaitu Desa Penyamun, kemudian baru masuk desa Bukit Layang Kec. Bakam Kab. Bangka. (08 November 2019).

Menurut Kades Bukit Layang Andry, Desa Bukit Layang mempunyai 7 Dusun, yaitu : Dusun 01 ada 3 RT, Dusun 02 ada 3 RT, Dusun 03 ada 2 RT, Dusun 04 ada 2 RT, Dusun 05 (Dusun Air Layang) ada 2 RT, Dusun 06 (Disebut Sidomulyo) ada 2 RT dan Dusun 07 (Cungko) ada 2 RT. Jumlah seluruh ada 16 RT. Luas wilayah Desa Bukit Layang 25.270 Ha. Terdiri atas 3.718 jiwa, dengan jumlah keluarga 1.076 KK. Laki-laki 1.904 jiwa dan perempuan 1.814 jiwa.

Luas wilayah, batas Administrasi dan Kondisi Geografis Desa antara lain : Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Penyamun. Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Mabat. Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Berbura dan Desa Pugul. Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Air Duren. Mata pencaharian warga/penduduk Desa sebagai Petani (berkebun), Penambang, dan Berternak. Andry mulai menjabat sebagai Kades bulan Oktober 2015 s/d 2021 nanti.

Menurut Andry di dalam mengelola anggaran-anggaran Desa masyarakat dilibatkan melalui Transparansi Anggaran Desa, seperti pembuatan baleho ukuran 2 x 3 disetiap dusun desa bukit layang.


Dibidang pemberdayaan dilakukan Pak Kades, yaitu Ekonomi Kreatif dan Inovatif dengan membuat bahan baku dari ikan lele dijadikan abon dan dendeng lele. Untuk Usaha Kecil Mikro (UKM) Desa Bukit Layang mendirikan kelompok PKK Ibu-ibu dalam pelatihan menjahit yang dinamakan Kelompok Menjahit “Lestari Indah” Desa Bukit Layang. Untuk pemuda desa di bidang olahraga seperti buku tangkis, sepak bola dan voli kedepannya Pak Kades akan menggiatkan pemuda desa agar kedepan ada muncul atlet yang berprestasi dari Desa Bukit Layang. 

Menurut Andry pembangunan jalan desa merupakan akses penting sehingga produksi dari warga desa yang akan dibawa ke Kota Sungailiat biar lancar tanpa hambatan. Desa Bukit Layang pernah mendapat penghargaan sebagai desa bersih dari narkoba dari BNN Provinsi, kata Kades Andri.

Selain itu Desa Bukit Layang mempunyai lahan Eks Pertambangan yang telah direklamasi + 200 Ha untuk dijadikan sawah dan tujuan kedepan akan swasembada pangan yang mana sekita 70 Ha akan ditanami padi, sedangkan sisanya ditanami jagung, ubi dan palawija, tutur Andry. Desa bukit layang mempunyai Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) “Karya Bersama” yang bergerak di bidang penjualan Elpiji (Gas) Berkah MARST, Penjualan Alat Tulis Kantor (ATK), Penjualan Bahan Bangunan.

Semuanya dikelolah Badan Usaha Milik Desa yang didirikan pada Tahun 2017. Kemudian Desa mempunyai Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) juga sudah terbentuk. Karang taruna dan PKK Desa juga sudah ada, tutur Kades.

Desa Bukit Layang memberikan Beasiswa untuk warga / masyarakat Desa yang kurang mampu dan yang berprestasi berupa peralatan sekolah dan perlengkapan sekolah, contohnya : Baju, Sepatu, tas, Buku Tulis dan keperluan sekolah lainya. Ketua PKK Desa Bukit Layang Ibu Sri Nani juga melibatkan diri untuk bersama Pak Kades membangun Desa Bukit Layang.

Selain itu Kades Andry juga mengatakan, bahwa desa juga sudah membuatkan untuk sanitasi desa untuk warga yang kurang mampu berupa 30 unit WC yang sudah dianggarkan dengan ADD (Anggaran Dana Desa).

Desa mensosialisasikan prilaku hidup yang sehat yaitu untuk mengatasi BAB (Buang Air Besar) prilaku yang tidak sehat dengan membuatkan WC bagi warga yang kurang mampu di Desa Bukit Layang. Desa juga lewat Bumdes melakukan Pamsimas (Pengelolaan Air Minum Berbasis Masyarakat), tutur Andri. 

Dimusim kemarau ini kita meminta bantuan dari perusahaan untuk memenuhi kebutuhan air bersih terutama di sekolah-sekolah agar kebersihan WC sekolah dan kebutuhan air untuk sekolah tercukupi selama kemarau ini. Biasanya air dibantu denga Tangki yang disalurkan ke sekolah-sekolah. 

Program Desa juga memberikan bantuan untuk warga desa baik yang kaya atau miskin, seluruh warga desa bukit layang yang mendapat musibah/meninggal di bantu 3 Dus air minum bolesa, 10 Kg beras, serta gula dan kopi. Itulah bentuk kepedulian kebersamaan, gotong royong antar warga desa bukit layang, kata Andri. 

Swakelola/Padat Karya seperti pembuatan siring jalan, selokan, kita mengajak warga bersama-sama untuk dapat bergotong royong memupuk kebersamaan warga desa, tutur Andry. Untuk ronda desa menjaga keamanan desa kita melibatkan karang taruna, pemuda dan semua masyarakat desa untuk bersama-sama melakukan yang terbaik untuk desa bukit layang. 

Tanpa dukungan stake holder dan semua elemen masyarakat desa kita tidak dapat menjalankan itu semua, tutur andri. Demikian bincang-bincang awak Media FH&H dengan Kades Bukit Layang Andry di Kantor Desa. (Paulus)
 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham