Home » , » DESA BUKIT LAYANG MENOREH PRESTASI

DESA BUKIT LAYANG MENOREH PRESTASI

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-11-22 | 11.08.00

Sungai Liat - FH&H online,

Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka merupakan desa yang berinovasi dan berkreatif dalam membuat produk UMKM yaitu dengan memanfaatkan halaman atau pekarangan rumah ditanami dengan tanaman obat obatan (toga) yang kemudian diramu dalam kemasan dan dibuatkan kemasan yang baik dan higienis, berkwalitas, sehat serta menjadi obat herbal alami dan bisa dikonsumsi, dinamakan beras kencur, (21/11/2019).

Pembudidayaan tanaman obat obatan disosialisasikan Ibu Ketua PKK serta ibu ketua pokja PKK ibu Srinani dan Ibu Aisyah, sehingga menjadikan Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kab. Bangka menjuarai peringkat I tingkat kategori perdesaan didalam pemanfaatan tanaman obat keluarga (toga) di Kab. Bangka yang diikuti 62 desa dengan nama kelompok "Asman Toga" Desa Bukit Layang Kec. Bakam.

Kemudian ditingkat propinsi menjuarai toga (tanaman obat keluarga) kategori perdesaan yang diikuti 309 desa dan terpilih menjuarai peringkat II se Provinsi Babel tanaman obat keluarga(toga) dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Dikatakan Kades Andry, pemdes selalu mensuport masyarakat yang ingin maju dengan melakukan kegiatan pemberdayaan seperti pelatihan pelatihan dan sosialisasi untuk menunjang SDM warga desa yang mempunyai daya saing.

Kedepan pemdes mengalokasikan dana desa (DD) untuk terus membangun UMKM, sehingga masyarakat punya wadah untuk berinovasi dan berkreasi, tutur Kades Andry.

Dikatakan Kades, motto desa Bukit Layang "Bersama kita bisa" serta ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)". Dijelaskan oleh Ibu Aisyah Ketua Pokja. "Asman toga(asuhan mandiri tanaman obat keluarga), bahwa kedepan Desa Bukit Kijang akan memproduksi UMKM temulawak berupa serbuk dalam kemasan dan jahe serbuk dalam kemasan.

Harapan Ibu Aisyah warga desa bisa menggunakan lahan kosong pekarangan rimah ditanami tanaman obat obatan  untuk digunakan sebagai herbal alami.

Kades Andry mengharapkan sinergitas seluruh stake holder yang terkait dapat membantu sarana serta prasarana untuk kesejahteraan warga/masyarakat desa bukit layang kec bakam kab bangka induk. (paulus)
 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham