Home » , » DESA REBO KEC. SUNGAILIAT KAB. BANGKA MENUJU DESA WISATA

DESA REBO KEC. SUNGAILIAT KAB. BANGKA MENUJU DESA WISATA

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-11-01 | 08.50.00

Sungailiat - FH&H online,

Perjalanan dari Kota Pangkalpinang menuju ke Desa Rebo lebih kurang ditempuh sekitar 50 menit dengan kendaraaan roda empat. Jarak antara Kota Pangkalpinang ke Desa Rebo 35 km, ditempuh sekitar 50 menit dari Kota Pangkalpinang. Desa Rebo Kec. Sungailiat Kab. Bangka yang luas hamparan wilayahnya 2.786 H (27 km) dengan jumlah penduduknya 4.562 jiwa serta 1.554 KK. 

Sebelah Utara berbatasan wilayah dengan Kelurahan Jelitik. Sebelah timur berbatasan dengan Laut China Selatan, sedangkan sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Air Kenanga. Desa Rebo terdiri atas 3 Dusun yaitu Dusun Rebo terdiri atas 7 RT dengan jumlah penduduk 2.485 jiwa, jumlah 746 KK. Dusun karang panjang terdiri atas 2 RT dengan jumlah penduduk 374 jiwa serta jumlah KK 123 keluarga. 

Untuk dusun Tanjung Ratu terdiri atas 6 RT dengan jumlah penduduk 1.701 jiwa serta 494 KK, tutur Kades Rebo. Menurut Fendi Desa Rebo Kec. Sungailiat Kab. Bangka di kelilingi oleh pantai wisata seperti Pantai Religi Puri Tri Agung, Bukit Pagoda (Bukit Rebo), Pantai Rebo, Pantai Mangkalok, Pantai Takari serta Pantai Tanjung Ratu. Wilayah Desa Rebo adalah kawasan wisata. 

Dijelaskan Pak Kades juga Desa Rebo pernah dikunjungi mahasiswa Luar Negri untuk tujuan Socio Tour mengenal tempat wisata di Desa Rebo. Kedatangan mahasiswa Luar Negeri dari 10 Negara seperti Belanda, Zew Zealand, China, Italia, Brazil, Aljazain, Portugal, Prancis, India dan Mesir. Mahasiswa Internasional delegasi dari AIESEC Indonesia yaitu organisasi Internasional yang bergerak di bidang kepemudaan dan kepemimpinan. 

Mereka berkunjung dengan SOCIO TOUR  pada buolan Maret yang lalu. (31-10-2019). Menurut Fendi sebagian pengelolaan pantai ada bekerja sama dengan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). Desa Rebo sudah pernah mengembangkan pembuatan garam di pantai Takari, kedepan akan dikembangkan lagi pembuatan garam di Pantai Takari, kata Kades. 

Selain Bumdes, desa juga punya Karang Taruna Rebo Jaya yang baru-baru ini dalam menyambut Sumpah Pemuda 28 Oktober mengadakan kegiatan di Pantai Rebo. Desa Rebo punya Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata Asri Lestari), LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), Karang Taruna, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta BPD (Badan Permusyawaratan Desa). Fendi sudah menjabat sebagai Kades masa jabatan mulai November 2015 – 2021, tutur Fendi. 


Bumdes Desa Rebo sedang mengadakan pelatihan tentang cara budidaya ikan lele ketika awak media FH&H berkunjung. Harapan Pak Kades kedepan jika KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) berjalan, Desa Rebo siap untuk menyambut wisatawan di Desa Rebo Kec. Sungailiat Kab. Bangka. Demikian bincang-bincang awak media FH & H dengan Kades desa Rebo Pak Fendi. (Paulus)  

 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham