Home » , » KECAMATAN PANGKALAN BARU MENUJU KOTA PERDAGANGAN DAN JASA

KECAMATAN PANGKALAN BARU MENUJU KOTA PERDAGANGAN DAN JASA

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-11-15 | 17.12.00

Bangka Tengah - FH&H online,

Kecamatan Pangkalan Baru yang letaknya di pinggiran kota Pangkal Pinang Ibukota Propinsi Kepulauan Bangka Belitung yang masuk wilayah Kabupaten Bangka Tengah merupakan jantung hatinya propinsi Kep. Bangka Belitung, karena di kecamatan Pangkalan Baru punya destinasi wisata, perdagangan serta jasa, ungkap Pak Camat Samsul Komar (14 November 2019).

Kecamatan pangkalan baru terdiri atas 11 (sebelas) desa dan 1 kelurahan antara lain; Desa jeruk, Desa Air Mesu, Desa air mesu Timur, Desa Benteng, Desa Mangkol, Desa Pedindang, Desa Beluluk, Desa Batu Belubang, Desa Kebintik, Desa Padang Baru, serta Desa Tanjung Gunung, dan Kelurahan Dul, Kab. Bangka Tengah.

Luas wilayah kecamatan Pangkalan Baru 10.827,49 Ha, dengan hamparan 108,27 km persegi.   Jumlah penduduk s/d Desember 2019 sebanyak 39.605 jiwa, yang terdiri atas 11.392 keluarga(KK), perempuan 19.208 orang, laki laki 20.397 orang.

Dijelaskan dan dikatakan Pak Camat bahwa beliau mulai menjabat sebagai Camat Pangkalan Baru 24 April 2019 yang lalu. Sebelum nya Pak Camat bertugas melayani masyarakat sebagai Camat di kecamatan Sungai Selan Kab. Bangka Tengah selama 3 bulan 20 hari, dan kemudian dimutasikan ke Kec. Pangkalan baru Kab. Bangka Tengah sampai sekarang, tutur Pak Camat. Dikatakan Pak Camat bahwa sejak UU Otonomi Desa tahun 2014, desa mempunyai kewenangan dalam pembangunan desa yang diamanatkan dalam UU tentang desa tahun 2014, ungkap Pak Camat. 

Menurut Pak Camat bila program desa bersifat lokal, maka pendanaannya dari APBdes, dari dana bagi hasil pajak serta bantuan pihak ketiga yang tidak mengikat. Jangkauan dan batasan kewenangan yang mana jika program desa sumber pendanaannya dari APBdes, dari dana bagi hasil pajak, alokasi dana desa, bila program antar desa maka bantuan pendanaannya dari APBD Kabupaten, ungkap Camat Samsul. 

Program desa harus sejalah dan bersinergi dengan pemda kabupaten serta pemerintah pusat. Dikatakan Pak Camat Tripologi Karekteristik desa desa di kecamatan Pangkalan Baru unik, contohnya seperti destinasi wisata ada di 3 desa yaitu Desa Batu Belubang dengan pantainya Tapak hantu namanya,kemudian desa tanjung gunung dengan pantainya bebek emas serta pantai Pan Semujur. Sedangkan Desa Kebintik dengan pantainya Sanfur biasa warga desa menyebutnya. 3 (tiga) desa ini juga merupakan destinasi wisata serta perikanan yang ada di kecamatan Pangkalan Baru Kab. Bangka Tengah, tutur Pak Camat.

Untuk Kelurahan Dul, Desa Beluluk serta Desa Jeruk merupakan sektor perdagangan dan jasa. Untuk Desa Air Mesu, Air Mesu Timur serta Desa Mangkol merupakan sektor holtikultura, pertanian, Perternakan, ungkap Samsul Komar. Dikatakan Pak Camat, Pemda Bangka Tengah lebih memfokuskan APBdes paling sedikit 30% digunakan untuk program pemberdayaan, contohnya: pelatihan budi daya lele, peternakan ayam, bantuan bibit tanaman holtikultura serta penguatan ekonomi masyarakat, untuk pengentasan kemiskinan, serta perikanan, pertanian.

Desa-desa di kecamatan Pangkalan Baru mulai mengeliat untuk menata program serta kegiatan pemberdayaan untuk menguatkan ekonomi warga/masyarakat. Demikian wawancara awak media FH&H dengan Camat Samsul Komar di kantor kecamatan Pangkalan Baru Kec. Bangka Tengah. (paulus)                                                                 
 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham