Home » , » KUNJUNGAN KERJA DINSOS PMD KAB.BANGKA BERSAMA BUMDES DESA BUKIT LAYANG

KUNJUNGAN KERJA DINSOS PMD KAB.BANGKA BERSAMA BUMDES DESA BUKIT LAYANG

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-12-14 | 21.28.00

Sungailiat - FH&H online,
Dalam rangka kunjungan kerja untuk pengembangan dan inovasi serta pemberdayaan masyarakat desa dan ekonomi desa, Kabid Dinsos PMD Kab Bangka, Yunida Utami, S.E. bersama kasi penguatan lembaga masyarakat desa kel Yulizar S.IP, juga ikut serta kasi pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat dan tentang Marga Ansiri Abdi S.ag serta Kasi partisipasi budaya masyarakat dan PKK Adi Wardana SE bersama Bumdes desa bukit layang saudara Zamzari, Lisa, Meli serta Kades Bukit Layang, Andry berangkat menuju kecamatan Parit Tiga di jalan antara no 01 Desa Kelabat Kab Bangka Barat (12 Desember 2019).

Tujuan kunjungan kerja Dinsos PMD Kab Bangka beserta rombongan Bumdes Desa Bukit Layang untuk pendampingan Bumdes dan menggali pengalaman serta potensi dan inovasi baru di desa sekar biru yang mempunyai poktan(kelompok tani) makmur di kecamatan parit tiga serta Bumdes pantai mandiri di desa Bakit Kecamatan Parit Tiga Kab. Bangka Barat.
Dinsos PMD Kab. Bangka pendampingan Bumdes karya bersama Desa Bukit Layang  mengunjungi dan mencari inovasi baru ke poktan makmur desa sekar biru,dilanjutkan menuju Bumdes pantai mandiri desa Bakit.

Menurut Kades Andry banyak pengalaman yang dibagikan dan dishare kan dari mulai penggunaan pupuk organik, pembuatan pakan ikan, penggemukan sapi, penggemukan kambing, tanaman organik, pembudidayaan ikan lele, kemudian peninjauan resto seafood, peninjauan keramba apung, dan lain-lain.


Dijelaskan Kades Andry kawasan yang terintegrasi dari penggemukan sampai pemanfaatan kotoran menjadi pupuk digunakan untuk tanaman sayuran, kemudian pemanfaatan potensi desa dengan pengembangan resto seafood dan pemanfaatan keramba apung, tutur Andry.
Dikatakan Andry banyak hal yang positip dan bermanfaat yang diperoleh dalam kunjungan ke Poktan Makmur Desa Sekar Biru yaitu: memanfaatkan alam yang ada disekitar kita dengan pupuk yang murah dapat menghasilkan tanaman yang sehat dan bergizi.
Kemudian juga bekerjasama dengan Bumdes mengelola potensi desa menjadikan pergerakan ekonomi kerakyatan sehingga dapat menyerap tenaga kerja lokal dan menambah PAD (Pendapatan Asli Desa).
Perlunya dukungan dari stake holder dan warga/masyarakat desa dalam mensukseskan pogram ini, sehingga kedepan Desa Bukit Layang terus mengembangkan inovasi baru untuk mensejahterahkan warga desa, tutur kades Andry.
Akhir kata Kades Andry mengucapkan terimakasih kepada Dinsos PMD Kab Bangka, Camat Parit Tiga, Bapak Madarisah, S.Pd, Kades Sekar Biru Erwin serta Kades Bakit Ahmad Amsyir SH atas sambutan dan pembelajaran yang telah diberikan dalam kunjungan  kesana, pungkas Andry. Berita ini dikonfirmasi via whatsapp kepada awak media FH &H. (paulus).

 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham