Home » , » PELAKSANAAN PROGRAM PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAH GUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA DAN PREKURSOR NARKOTIKA (P4GN) DIWILAYAH KOTA PANGKAL PINANG TAHUN 2019

PELAKSANAAN PROGRAM PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAH GUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA DAN PREKURSOR NARKOTIKA (P4GN) DIWILAYAH KOTA PANGKAL PINANG TAHUN 2019

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-12-18 | 21.01.00

Pangkal Pinang - FH&H online,

Hari Selasa,  17 Desember 2019 Ketua BNN kota Pangkal Pinang  Bapak Ichlas Gunawan menyampaikan dalam press release bahwa BNN kota Pangkal pinang pada tahun 2019 ini telah melaksanakan tugas dan fungsinya yaitu melaksanakan program pencegahan dan pemberantasan penyalah gunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN), guna mencapai keberhasilan pelaksanaan pogram  tersebut maka penanganan Supply Reduction dan Demand Reduction harus dilakukan secara seimbang, oleh karena itu BNN Kota Pangkal pinang telah melaksanakan beberapa kegiatan kegiatan yang dapat kami jelaskan sebagai berikut ; -seksi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat kegiatan BNN Kota Pangkal pinang dilakukan untuk melaksanakan pogram pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika(P4GN) dan Pangkal pinang "BERSINAR" dengan memfokuskan pada kelurahan yang akan dijadikan kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba).

Kelurahan yang ditunjuk difokuskan pada kecamatan pangkal balam dan kecamatan bukit intan. Camat menunjuk kelurahannya dengan mengeluarkan SK penunjukan kelurahan sebagai kelurahan bersih Narkoba(bersinar), diantaranya ; 
  1. Kelurahan ketapang (kecamatan pangkal balam);
  2. Kelurahan semabung lama (kecamatan bukit intan);
  3. Kelurahan air mawar (kecamatan bukit intan).

Kegiatan kegiatan tersebut diantaranya ; Advokasi dengan realisasi 10 lembaga/institusi yang responsif terhadap kebijakan anti Narkoba yaitu SDN 30, SDN 29, SDN 33, SDN25, SDN 54, SDN 14, SDN 42, SDN 20, SDN 49, SDN 56.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka kegiatan kegiatan BNN Kota Pangkal Pinang sangat diupayakan fokus pada kelurahan tersebut diatas.

Seksi P2M telah melaksanakan kegiatan Asistensi penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba kepada kelompok masyarakat dan institusi pendidikan kepada stake holder diinstitusi pendidikan dan kelompok masyarakat dihadiri 30 orang peserta selama 2(dua) hari yang dilaksanakan dihotel sahid pada tanggal 25 dan 26 April 2019.

Dari kegiatan ini diharapkan para stakeholder dapat mempengaruhi lingkungan masing masing untuk tidak menyalahgunakan Narkoba.

Selama tahun 2019, seksi P2M telah melakukan pembuatan perjanjian kerjasama(PKS) kepada 16 stakeholder diantaranya 4 instansi pemerintah dan 12 lingkungan pendidikan yang ada dikota pangkal pinang.

Dari kegiatan advokasi, telah adanya kerjasama stakeholder dengan BNN Kota Pangkal Pinang yang dituangkan dalam bentuk kerjasama(PKS).

Untuk Diseminasi Informasi, seksi P2M telah melaksanakan kegiatan Diseminasi Informasi melalui talkshow sebanyak 3(tiga) kali yang dilaksanakan di SUN Hotel dan PIA Hotel pada tanggal 25 Juli, 22 dan 27 Agustus 2019, dalam setiap kegiatan peserta yang hadir sebanyak 50 orang, diantaranya dari masyarakat di kelurahan sasaran program 3 kelurahan Bersinar dan TAGANA Kota Pangkal Pinang.

Kegiatan Diseminasi Informasi juga dilaksanakan melalui Insert konten yang dilaksanakan sebanyak 10 (sepuluh) kali dan dilaksanakan ditempat penyelenggaraan kegiatan. Kegiatan tersebut dilakukan dengan partisipasi dalam sebuah event atau kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak lain.

Dalam kegiatan tersebut nara sumber dari BNN Kota Pangkal Pinang menyampaikan informasi terkait P4G. Hal tersebut dilakukan agar dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan akan bahaya narkoba kepada peserta kegiatan serta dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengkampanyekan perang terhadap narkoba.

Kegiatan Diseminasi Informasi dilaksanakan melalui kampanye Stop Narkoba/pagelaran seni yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2019 di Gedung Graha Timah kota pangkal pinang dan dihadiri sebanyak + 500 orang tang terdiri dari dinas/instansi dilingkungan pemerintahan kota pangkal pinang, polres Kota Pangkal Pinang, Polsek, Kodim 043/BKA, Danramil, Dunia usaha/swasta, sekolah SD dan SMP di kota Pangkal Pinang, organisasi masyarakat, komunitas masyarakat, relawan anti narkiba, penggiat anti narkoba dan seluruh elemen masyarakat. 

Kegiatan Kampanye Stop Narkoba dilaksanakan dalam rangka Hari Anti Narkotika Internasional(HANI) yang diperingati setiap tanggal 26 Juni yg merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan,perkembangan sosial ekonomi serta keamanan dan kedamaian dunia. Pada tahun 2019 thema "HANI" adalah 'Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas".

Salah satu kegiatan Diseminasi Informasi yang baru di tahun 2019 adalah Diseminasi Informasi melalui Branding P4GN pada sarana publik yaitu pesan pesan bahaya penyalah gunaan narkoba melalui Mural yang dilakukan pada 5 tempat yaitu ;  -SPBU Kramat, jumlah sebaran informasi 900 orang, GOR kacang pedang, jumlah sebaran informasi 800 orang, Pangkallarangkelurahan ketapang, jumlah sebaran informasi 428 orang, Terminal Girimaya, jumlah sebaran 500 orang, Pasar Trem (dinding budi mulia), jumlah sebaran informasi 1100 orang.

Kegiatan Diseminasi Informasi selanjutnya dilaksanakan melalui pemasangan iklan dimedia,baik media cetak(koran), media placement Televisi Daerah, media placement Radio Lokal/Daerah, media online(website) dan media luar ruang (baliho).

Salah satu kegiatan Diseminasi Informasi yang baru di tahun 2019 adalah Diseminasi Informasi melalui Branding P4GN pada sarana publik yaitu pesan pesan bahaya penyalah gunaan narkoba melalui Mural yang dilakukan pada 5 tempat yaitu ;  -SPBU Kramat,jumlah sebaran informasi 900 orang, GOR kacang pedang, jumlah sebaran informasi 800 orang, Pangkallarang kelurahan ketapang, jumlah sebaran informasi 428 orang,Terminal Girimaya, jumlah sebaran 500 orang, Pasar Trem (dinding budi mulia), jumlah sebaran informasi 1100 orang.

Tujuan dari kegiatan diseminasi informasi, diharapkan pengetahuan masyarakat tentang bahaya penyalah gunaan narkoba semakin meningkat, sehingga masyarakat menjadi umum dan tidak lagi terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dalam bentuk apapun. Disamping itu BNN Kota Pangkal Pinang mengharapkan agar masyarakat yang sudah terpapar informasi P4GN agar dapat menjadi perpanjangan tangan BNN untuk dapat menyampaikan pesan bahaya penyalahgunaan narkoba dilingkungannya, baik ditempat kerja maupun tempat tinggalnya.

Respon dari masyarakat sudah cukup baik. Hal tersebut dilihat dari adanya laporan masyarakat serta kegiatan P4GN yang dilakukan masyarakat secara mandiri dengan keterangan sebagai berikut ; -melapor secara mandiri dan membuat surat keterangan pemeriksaan Narkotika (SKHPN) ke BNN Kota Pangkal Pinang pada tahun 2019 sebanyak 438 orang. - 128 kegiatan non DIPA dengan total keseluruhan masyarakat terpapar 69.220 orang yang dilaksanakan secara mandiri oleh instansi pemerintah,institusi pendidikan, lingkungan swasta dan lingkungan masyarakat.

Jadi jumlah penduduk kota pangkal pinang yang sudah terpapar informasi P4GN sebanyak 22.896(DIPA) dan 69.220(Non DIPA) maka totalnya 92.115 orang dari jumlah populasi penduduk usia 5 -- 59 tahun sebanyak 172.260 orang.

Jumlah instansi/lingkungan masyarakat yang turut berpartisipasi dalam pogram pemberantasan anti narkoba; Badan Kesbangpol, Dinas penanaman modal PTSP &Naker, PT Bukit Timah, PT Stanindo Inti Perkasa, RW02 kelurahan ketapang, RT 03 kelurahan ketapang, SD Negri 33, SD Negri 29.

Kegiatan pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan adalah pengembangan kapasitas dan workshop dengan sasaran instansi pemerintah, dunia usaha/swasta, lingkungan masyarakat dan lingkungan pendidikan diselenggarakan di Hotel Sahid, Hotel Cordela kota pangkal pinang, dengan penjelasan sebagai berikut; - Instansi pemerintah, dilaksanakan sebanyak 3 kali pada tanggal 13,18 Maret dan 19 Maret 2019 dengan jumlah peserta Rakor 30.
  Pengembangan kapasitas 20 orang dan workshop 20 orang. Peserta yang hadir adalah perangkat kelurahan dari 3 kelurahan Bersinar di kota pangkal pinang.

-- Lingkungan pendidikan dilaksanakan sebanyak 2 kali pada tanggal 27& 29 -- 30 April 2019 dengan jumlah peserta 20 orang/giat.Peserta yang hadir terdiri guru SD Negri dan swasta dikota pangkal pinang.

-- Lingkungan Masyarakat, dilaksanakan sebanyak 2 kali pada tanggal 1 -- 2 April 2019& 9 April 2019 dengan jumlah peserta 20 orang.Peserta yang hadir terdiri dari ketua Rt/Rw dan PSM di 3 kelurahan Bersinar dikota pangkal pinang.

--- Dunia usaha/swasta, dilaksanakan sebanyak 2 kali pada tanggal 10& 15 -- 16 April 2019 dengan jumlah peserta 20 orang/giat. Peserta yang hadir terdiri dari perusahaan swasta/ Dunia usaha di kota pangkal pinang.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat membangun kemandirian partisipasi dan peran serta masyarakat dari 4 sasaran yaitu instansi pemerintah, dunia usaha/swasta, lingkungan masyarakat dan lingkungan pendidikan untuk mendukung pogram P4GN dengan melakukan kegiatan secara mandiri.

Pada tahun 2019 seksi Rehabilitasi BNNK Pangkal Pinang telah memiliki PKS dengan 3 lembaga rehabilitasi komponen masyarakat dengan rincian yaitu; RSK Bhakti Wara, Sun Health care/Sun clinic, Genesa Babel.

BNNK Pangkal Pinang telah memiliki PKS dengan 5 lembaga rehabilitasi instansi pemerintah yang operasional,dengan rincian ; klinik Pratama BNN Kota Pangkal Pinang,Pukesmas melintang, puskesmas Gerunggang, Puskesmas Taman sari, puskesmas pangkal balam.

Adapun penyalah guna/korban penyalahgunaan narkoba/pecandu yang telah diberikan layanan pogram rehabilitasi baik rehabilitasi rawat jalan maupun rehabilitasi rawat inap di BNNK Pangkal Pinang tahun 2019 berjumlah 59 orang,yaitu :  -- 49 laki laki dan 7 perempuan dengan usia < 18 tahun 12 orang,18  --40 tahun 44 orang,> 40 tahun 3 orang.

Berdasarkan data jenis zat yang disalah gunakan dari 59 orang,penyala guna sabu 48 orang, penyalah guna aica aibon 11 orang.

Pada tahun 2019 seksi pemberantasan BNN Kota Pangkal Pinang berhasil mengungkap 3 (tiga) kasus tindak pidana Narkotika dengan 5 (lima) orang tersangka dengan total barang bukti Narkotika jenis sabu(metamphetamine) sebanyak 7.999,93 Gram yg terjadi di wilayah kota Pangkal Pinang dengan rincian sebagai berikut ; -1 LKN/01/III/2019/BNNK.PKP Tanggal 08 Maret 2019 dengan tersangka Sukarno Als Aphin Bin Liong(Alm),jumlah Barang Bukti Narkotika 102 Gram Shabu (Metamphetamine),LKN/02/V/2019/BNNK.PKP Tanggal 31 Mei 2019 Tersangka 1.Nurdin Bin Abu Bakar(Alm), 2.Bakhtiar Bin Abdurrahman (Alm),3.MTL Bin Muhtar ,jumlah barang bukti Narkotika 6.050 Gram Shabu (Metamphetamine), kemudian LKN/03/X/2019/BNNK.PKP Tanggal 12 Oktober 2019 dengan tersangka ZA Als Nanda Als Bebek Bin Eryanto,jumlah Barang Bukti 1.847,39 Gram Shabu (Metamphetamine).

Demikian Press Realease dan confrensi Press yang diadakan dikantor BNNK Pangkal Pinang oleh  Kepala BNN Kota Pangkal Pinang Bapak Ichlas Gunawan kepada seluruh awak media yang hadir.(paulus).
 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham