Home » , » PELATIHAN DAN BUDI DAYA TANAMAN ALPOKAT SERTA CABE MERAH DI DESA JERUK KAB.BANGKA TENGAH

PELATIHAN DAN BUDI DAYA TANAMAN ALPOKAT SERTA CABE MERAH DI DESA JERUK KAB.BANGKA TENGAH

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2019-12-10 | 21.07.00

Bangka Tengah - FH&H online,

Bertempat di Desa Jeruk Kabupaten Bangka Tengah di jalan gang bina Rt 001 di kediaman Bapak Hasip, Pemdes Jeruk mengadakan kegiatan pemberdayaan pelatihan dan budi daya tanaman alpukat serta budi daya tanaman cabe merah dan pelatihan pengolahan lahan pertanian ,kemudian penyerahan mesin fultifator untuk pengolahan lahan untuk penanaman cabe merah 2 unit yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2019 Pemdes jeruk Kab. Bangka Tengah (10 November 2019).

Dalam sambutan nya Kades Jeruk, John Hendry, SE, MM mengucapkan terimakasih atas kehadiran nara sumber dari PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) serta perangkat desa, Kadus (Kepala dusun) serta warga dan tamu undangan.


"Ini program desa yang ditetapkan tahun kemarin,dan setiap usulan poktan tetap akan dilaksanakan dengan anggaran dana desa," ungkap John Hendry.

Dikatakan Kades John Hendry untuk jangka pendek pemdes jeruk melakukan kegiatan pemberdayaan atau pelatihan untuk poktan serta warga desa untuk mengembangkan holticultura budi daya tanaman cabe merah, sehingga kedepan harapan pak kades desa jeruk juga menjadi salah satu desa penghasil dan pensuplay cabe merah dan tanaman holticultura di pangkal pinang, tutur John  Hendry.

Dikatakan Ibu Ririn (staff kecamatan) pendampingan desa, bahwa desa jeruk lebih fokus ke tanaman buah buahan. Menurut Kades John Hendry pemda Kab. Bangka Tengah lebih memfokuskan APBDes 30% digunakan untuk program pemberdayaan, contohnya pelatihan budi daya tanaman cabe merah serta budi daya tanaman alpukat, bantuan bibit tanaman holtikultura serta pertanian. Salah satu tingkat keberhasilan tanaman holtikultura kita pakai pupuk organik, tutur Kades John.

Dijelaskan nara sumber dari PPL Bapak Rizwan SP, bahwa tanaman alpukat ras Meksiko dan Guatemala lebih cocok ditanam disini", tutur pak Rizwan. Sedangkan nara sumber budi daya tanaman cabe merah Ibu Citra Dewi juga dari PPL. Kegiatan pemberdayaan pelatihan budi daya tanaman alpukat dan tanaman cabe merah ditutup dengan makan siang. (paulus)
 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham