Home » , » DESA BUKIT LAYANG KEC BAKAM KAB BANGKA MELAWAN COVID 19

DESA BUKIT LAYANG KEC BAKAM KAB BANGKA MELAWAN COVID 19

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2020-05-05 | 11.11.00

Sungailiat - FH&H online,
Desa bukit layang letaknya di kecamatan Bakam Kabupaten Bangka yang mempunyai 7 dusun yaitu dusun 01 ada 3Rt, dusun 02 ada 3 Rt, dusun 03 ada 2 Rt, dusun 04 ada 2 Rt, dusun 05 (dusun air layang) ada 2 Rt, dusun 06 (disebut sidomulyo) ada 2 Rt dan dusun 07 (cungko) ada 2 Rt.

Jumlah keseluruhan ada 16 Rt. Mempunyai luas wilayah desa bukit layang 25.270 Ha terdiri atas 3718 jiwa, dengan jumlah keluarga (KK) 1.076 KK, terdiri dari laki laki 1904 jiwa dan perempuan 1.814 jiwa.

Dalam masa pandemi corona virus covid 19 ini dijelaskan Kades Andri (4/5) bahwa, "Selaku kepala desa dalam penanganan pandemi covid 19 ini kami selalu bermusyawarah dengan BPD (badan pemusyawaratan desa) untuk bersama sama berkoordinasi dengan pihak pihak terkait seperti BPBD, Team gugus tugas kecamatan,pemkab dll)".

"Kamipun sudah membentuk team gugus desa untuk melakukan sosialisasi kemasyarakat/warga desa tentang bahayanta pandemi covid 19 ini dan anjuran untuk disiplin mengikuti aturan protokol kesehatan baik dari team gugus pemkab dan team gugus kementrian kesehatan pusat (Jakarta) untuk mensosialisasikan pencegahannya dengan memberikan edukasi kemasyarakat desa tentang bahayanya Covid 19 serta cara pencegahannya", jelas Andri.

Selain dari pada itu team gugus desa juga mendata para pendatang yang ada didesa serta menghimbau untuk isolasi mandiri selama 14 hari dan melaporkan ke team gugus Covid 19 jika ada anggota keluarga yang baru tiba dari luar bangka ke desa. Apabila ada gejala pendatang terindikasi Covid 19, segera akan kami laporkan ke team gugus desa/kabupaten untuk ditindak lanjutin sesuai dengan protokol kesehatan Covid 19.Dan kamipun telah melakukan penyemprotan disekfektan ke fasilitas umum, perkantoran, tempat Ibadah, pertokoan, kemudian mendata masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19 (seperti PHK, warga tak mampu, warga yang punya sejarah medis sakit tahunan," tutur  Kades bukit layang Andri.


Baru baru ini sekira antara Maret-April, Ibu-ibu PKK desa kami melakukan pemberdayaan pembuatan masker untuk dibagikan gratis kepada masyarakat/warga desa secara gratis dengan menggunakan dana desa dalam menghadapi pandemi Corona virus Covid 19 ini,dan pemdes selalu berkoordinasi dengan pihak pihak terkait," kata Andri.

"Kami juga melakukan BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang sumber dananya dari dana desa untuk masyarakat/warga desa yang tak mampu yang membutuhkan sesuai kriteria yang ditetapkan,serta selalu menghimbau dan mengedukasi masyarakat tentang cara pencegahan Covid 19 sesuai aturan protokol kesehatan pusat seperti: memakai masker jika terpaksa keluar rumah,mencuci tangan pakai sabun,jaga jarak (physical distancing) dan menghindari kerumunan (sosial distancing) ungkap Andri kades bukit layang.

"Sebagai Kades saya menghimbau warga desa agar supaya tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah pusat untuk memutuskan rantai penyebaran corona virus Covid 19 serta tetap pemdes berkoordinasi dengan aparat penegak hukum terutama Babinsa dan Bhabinkamtibmas. 

Pada rentang bulan Maret s/d April bantuan sembako untuk anak yatim piatu dan anak disabilitas sudah kami laksanakan. Untuk kantor desa tetap buka dan melayani masyarakat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid 19", ungkap Pak Kades.

Demikian penjelasan yang Kades Bukit layang sampaikan ke awak media FH &H via konfirmasi whats App dari Desa Bukit layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka.(paulus)
 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham