Home » , » Perumahan Taman Alfa IndahBanjir Tiap Tahun, Sudin SDA Jakbar Diminta Perbaiki Drainase

Perumahan Taman Alfa IndahBanjir Tiap Tahun, Sudin SDA Jakbar Diminta Perbaiki Drainase

Written By MajalahFaktaHukumdanHam on 2021-03-31 | 17.14.00

 Jakarta - Fakta Hukum & HAM online,



Ketika musim hujan awal tahun lalu, kawasan Perumahan 

Taman Alfa Indah direndam banjir tinggi yang menenggelamkan rumah dan harta 

benda dengan kerugian ratusan juta rupiah.

Penyebab utama banjir disebut karena gorong-gorongatau saluran antara McDonald dan Giant di Jl. Joglo Raya belum dibangun.

Menurut warga Komplek Taman Alfa Indah,penyebab utama banjir adalah tidak adanyagorong-gorong, sehingga air dari Jl. Joglo Raya langsung mengalir ke pemukiman.

“Suku DinasSumber Daya Air Jakarta Barat hanya sebatas wacana dan belum ada implementasi untuk memperbaiki drainase di sana.Yang rugi kami warga yang terkena dampak banjir,” papar Ricky.

Menurutnya, kejadian tersebut akibat kesalahan kerja oleh pelaksana sebelumnya. Pasalnya, pada saat hujan, air dari Joglo Raya masuk ke komplek perumahanyang kemudian menggenang jadi banjir. Dan parahnya lagi, saluran dari wilayah Petukangan Utara Jakarta Selatan sudah tersambung ke saluran Taman Alfa.

Selain itu, terjadi pendangkalansaluran utama dan konstruksi awal dari developer Alfa yang berbelok tajam menyebabkan aliran air melambat.

Ketika hal tersebut disampaikan kepada Kepala Suku Dinas SDA JakartaBarat, Purwanti hanya mengatakan akan segera, kata Ricky. Ini juga bisa dilihat dari wacana  pelebaran saluran tertier beberapa tahun lalu tapi sampai saat ini belum direalisasikan, sehinggga menyebab genangan dimana-mana pada saat hujan. 

Untuk itu sangat diharapkan Kasudin SDA Jakarta Barat, Purwanti segera beraksi melakukan perbaikan drainase tersebut, sehingga tidak terjadi lagi bencana banjir yang sangat merugikan masyarakat dari tahun ke tahun. (Richard RS STI / Rap)

 
Support : Copyright © 2016. Majalah Fakta Hukum & Ham - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by klikmediakreasi
IT powered by Majalahfaktahukumdanham